Senin, 11 Februari 2008

Bangun Rumah - Pake Jasa Konsultan ??

Ada temen yang pengen bikin rumah, punya tanah yang lumayan luas. Setelah ngobrol dia pengen pake tenaga konsultan (seperti kami..hehehe) tapi merasa keberatan dengan biaya yang akan lebih mahal ketimbang langsung pake tukang sendiri.

Memang, jika yang dibandingkan hanya harga mungkin kita akan mendapatkan harga yang lebih murah. Tapi ga ada salahnya dunk, kalo kita juga mau share beberapa keuntungan jika kita mengunakan tenaga konsultan. Pertama, kita memperoleh desain yang sesuai dengan kebutuhan kita yang tentunya disesuaikan dengan kondisi tanah, ruang, tempat, posisi yang kita miliki. Kedua,kita mendapatkan garansi atas pekerjaan yang sudah dikerjakan. Inilah yang membuat kelihatan lebih mahal. Jika kita menggunakaan tukang sendiri, siapa yang bertanggungjawab jika setelah selesai pekerjaan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan? Bisa jadi tukang yang kita pakai udah kabur, atau boleh dia mengerjakan ulang tapi tentunya dengan biaya kita sendiri lagi..so..yang tadinya mau ngirit tentunya malah boros. Keuntungan lainnya, budget yang sudah dipatok dari awal kemungkinan untuk bertambah sangat kecil, kecuali ada pekerjaan tambahan yang memang belum tercover dalam RAB.

Kesimpulannya ada 3 hal penting yaitu Uang, Desain, Tukang.
Ada uang, desain tidak bagus, tukang bagus hasilnya belum tentu bagus!
Ada uang, desain bagus, tukang tidak bagus hasilnya belum tentu bagus!
Ada uang, desain tidak bagus, tukang tidak bagus hasilnya sudah pasti Tidak Bagus!

Apalagi kalau tidak ada uang, tidak punya desain yang bagus, dan tukanganya kurang ajar..yang ada ancurlah kita!

Ada Uang, Desain Bagus, Tukang Bagus, jika hasilnya tidak bagus maka ada garansi dari Konsultan!!

Nah, semoga tulisan ini bisa memberikan gambaran bagi rekan-rekan yang masih ragu untuk menggunakan jasa konsultan dalam bidang aristektur dan desain interior.

Tidak ada komentar: